ALASAN MENGAPA MEREK DAGANG SANGAT PENTING UNTUK BISNIS ANDA

  • By:Barita Ayu Theressa
  • 0 Comment

Tanpa Anda sadari, setiap harinya dan hampir di setiap tempat kita akan menemukan merek dagang suatu produk ataupun jasa. Merek merupakan cara lain untuk mengenalkan suatu produk. Keputusan konsumen dalam membeli suatu produk atau menggunakan jasa sangat dipengaruhi oleh merek dan reputasi yang tentu saja diwakili oleh merek tersebut. Penting bagi pelaku usaha untuk memahami alasan merek menjadi aset yang penting dan dapat membantu dalam pengembangan bisnis. Terlebih, merek merupakan sebuah kekayaan intelektual yang harus dilindungi. Berikut adalah alasan utama mengapa pendaftaran merek dagang sangat penting untuk bisnis Anda.

Merek merupakan alat komunikasi yang efektif.

Dalam setiap merek produk atau logo, merek dapat dapat menyampaikan pesan emosional tentang Anda, perusahaan Anda, reputasi, produk dan layanan perusahaan Anda. Merek tidak memerlukan kata, seperti desain yang dapat dikenali tanpa memandang bahasa atau alfabet. Sebagai contoh, desain merek Nike dengan nama “Swoosh” diakui secara internasional tanpa memperdulikan apakah merek tersebut menggunakan Bahasa Cina, Rusia, Arab, mau pun Bahasa Inggris.

Merek dagang dapat mempermudah konsumen menemukan bisnis anda.

Di masa perdagangan bebas, tentu sangat sulit meningkatkan bisnis Anda agar unggul dari kompetitor. Merek merupakan alat komunikasi yang efisien untuk menarik perhatian konsumen dan membuat bisnis, produk dan jasa Anda menonjol. Melalui merek, konsumen yang melihat merek milik Anda langsung mengetahui reputasi bisnis Anda dan cenderung tidak mencari produk atau jasa dengan merek lain. Merek juga bisa menjadi faktor penting dalam mendorong keputusan pembelian pelanggan.

Merek dagang memungkinkan dapat memanfaatkan Internet dan media sosial secara efektif

Apabila Anda mencari produk atau jasa suatu usaha melalui mesin pencari atau platform media sosial, tentu Anda memasukkan nama merek dari produk atau jasa tersebut. Melalui internet atau media sosial tentunya akan menambah konsumen yang mengenal merek tersebut.

Merek dagang adalah aset yang berharga

Merek mempunyai nilainya masing-masing dari waktu ke waktu. Apabila reputasi bisnis Anda semakin bertumbuh, maka merek akan semakin bernilai. Merek juga dapat berekspansi dari satu industri ke industri lain. Bahkan merek dapat membantu usaha Anda diakuisisi oleh perusahaan yang lebih besar.

Merek merupakan aset kekayaan, mirip dengan properti gedung yang dapat dibeli, dijual dan dilisensikan (seperti menyewa apabila berkaitan dengan properti), atau digunakan sebagai jaminan untuk mendapatkan pinjaman guna mengembangkan bisnis Anda.

Tarif pendaftaran hak merek dagang tidaklah mahal

Dalam Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, tarif permohonan pendaftaran hak merek berkisar Rp500.000,- (untuk usaha mikro dan usaha kecil) hingga Rp2.000.000,- (untuk umum). Tentu saja hal ini tidak terlalu memberatkan para pengusaha untuk memperolehnya, mengingat nilai merek dapat lebih tinggi.

Merek dagang bisa dianggap tidak akan pernah kedaluwarsa

Merek Anda tidak akan kadaluwarsa selama Anda masih menggunakan dan memperpanjang merek tersebut sesuai regulasi yang Anda. Banyak merek yang telah ada selama lebih dari seratus tahun, sebagai contoh merek Mercedes yang diperkenalkan pada tahun 1900.

Merek merupakan aset yang penting. Oleh karena itu, sebelum Anda menginvestasikan waktu dan uang untuk meluncurkan merek baru, lakukan pengujian terlebih dahulu. Anda perlu mencari dan memastikan apakah merek Anda tidak melanggar hak siapa pun atau memiliki persamaan dengan merek yang telah ada. Perlu Anda ingat apabila merek Anda memiliki perbedaan dengan merek lain yang telah ada sebelumnya, maka semakin mudah merek Anda dilindungi. Oleh karena itu, pilihlah nama dan logo yang mengidentifikasi bisnis Anda dan melindungi bisnis tersebut dari kompetitor. Anda pun tidak perlu ragu-ragu untuk menghubungi konsultan hki Indonesia yang terdaftar dan terpercaya untuk menjawab pertanyaan dan kebingungan anda mengenai hak-hak intelektual anda yang harus dilindungi.

Posted in: Articles

Comments

No Responses to “ALASAN MENGAPA MEREK DAGANG SANGAT PENTING UNTUK BISNIS ANDA”

No comments yet.